Jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) IPB

Logo_IPB
Jalur Kemitraan
Tes

Deskripsi Singkat

: 5 Mar 2025
: 5 Jun 2025
: S1
: Rp. 0

Beasiswa Utusan Daerah (BUD) IPB adalah jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana IPB yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta yang bila lulus diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerah.

Proses Penerimaan

  1. Informasi dari IPB kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, perusahaan, BUMN, lembaga / yayasan.
  2. Komitmen dan kesediaan membiayai calon mahasiswa BUD oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, perusahaan, BUMN, lembaga / yayasan (calon penyandang dana).
  3. Penjaringan dan seleksi calon mahasiswa BUD oleh penyandang dana.
  4. Pendaftaran BUD secara online oleh penyandang dana ke IPB.
  5. Seleksi akhir dan pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa BUD oleh IPB.
  6. Penyelesaian Naskah Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara IPB dan penyandang dana.
  7. Penyelesaian administrasi keuangan oleh penyandang dana.
  8. Pemanggilan dan registrasi calon mahasiswa BUD IPB.
  9. Perkuliahan mahasiswa dimulai.

Persyaratan Pelamar BUD (Akademik)

  1. Berumur tidak lebih dari 25 tahun
  2. Memiliki nilai rapor SMA/MA/SMK minimal 70,00 selama 5 semester pertama
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Bebas narkoba
  5. Bersedia tinggal di Asrama PPKU IPB pada tahun pertama

Berikut dokumen yang disiapkan calon mahasiswa baru jalur mandiri (PIN, Ketua OSIS, BUD, SM-IPB) untuk melakukan registrasi online :

  • Kartu peserta sesuai dengan jalur yang diikuti
  • Rapor semester 1-5 (lengkap dari bagian biodata sampai ttd kepala sekolah)
  • Surat Keterangan Lulus Asli (Jika belum ada maka cantumkan surat keterangan kelas XII)
  • Ijazah Asli (Bagian depan dan belakang jadikan satu file)
  • Akta kelahiran
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pas foto terbaru (latar belakang merah/putih)
  • Formulir Kesediaan Menjadi Calon Mahasiswa Baru IPB University (template terdapat pada laman registrasi)
  • Formulir Pernyataan Kesanggupan Orang Tua/Wali Membayar Biaya Pendidikan (template terdapat pada laman registrasi) – Jalur SNBP, SNBT, Ketua OSIS, PIN, SM-IPB dan Kelas Internasional.
  • Formulir Pernyataan Mengikuti Program Pendidikan di IPB (template terdapat pada laman registrasi)
  • Kartu BPJS, jika sudah memiliki
  • Kartu anggota asuransi kesehatan lain yang masih berlaku, jika ada.
  • Surat Pernyataan Mahasiswa BUD untuk pemenuhan butir kontrak kerjasama BUD IPB (Khusus Jalur BUD)
  • Formulir Persetujuan Draft Perjanjian Kerjasama (PKS) BUD 2025 (Khusus Jalur BUD)

Cara Pendaftaran BUD

Pendaftaran BUD dilakukan secara kelembagaan (bukan perorangan) oleh Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah/Perusahaan/BUMN/Lembaga/Yayasan, dan dilakukan secara online melalui laman bud.admisi.ipb.ac.id.

Proses oleh Mitra

  1. Mitra/calon mitra penyandang dana menerima surat penawaran kerjasama BUD 2025 dari IPB
  2. Mitra/calon mitra penyandang dana mengirimkan surat/mengajukan minat untuk melakukan kerjasama BUD 2025
  3. Mitra/calon mitra penyandang dana menerima akun mitra dan password dari IPB
  4. Mitra/calon mitra penyandang dana melakukan login pada laman pendaftaran BUD di admisi.ipb.ac.id
  5. Mitra mengisi data komitmen beasiswa
  6. Mitra mengunduh form komitmen beasiswa dan menandatangani form tersebut di atas meterai 10.000 serta diberi stempel basah.
  7. Mitra mengunggah form komitmen beasiswa yang sudah ditandatangan dan distempel.
  8. Jika form komitmen telah terverifikasi, mitra dapat melanjutkan proses pengisian data nilai rapor pelamar pada menu Data Siswa Pelamar sesuai dengan form isian yang tersedia.
  9. Mitra menunggu proses verikasi dan input biodata oleh siswa pelamar selesai. Mitra mengedit data nilai rapor siswa jika ada kesalahan entry data. Setelah seluruh data siswa pelamar (nilai rapor, biodata, dan pemilihan program studi) sudah diverifikasi, mitra melakukan approval/penyelesaian data pendaftaran, dan proses pendaftaran selesai.
  10. Seluruh data yang sudah diselesaikan dan disetujui tidak dapat diubah kembali dengan alasan apapun
  11. Mitra mencetak kartu peserta siswa pelamar untuk kemudian diserahkan kepada masing-masing siswa pelamar.
  12. Proses pendaftaran selesai

Proses oleh Siswa

  1. Siswa dapat melakukan login pada bud.admisi.ipb.ac.id menggunakan akun pendaftaran yang diberikan oleh mitra
  2. Setiap siswa yang telah didaftarkan pada Jalur BUD dapat melihat data pendaftarannya
  3. Siswa dapat melihat data nilai rapor yang telah dimasukkan dan melakukan verifikasi nilai. Bila ada ketidakcocokkan data nilai, siswa dapat menyampaikan ke mitra untuk dilakukan perbaikan data nilai
  4. Siswa mengisi pilihan program studi dan biodata
  5. Siswa harus mengunggah pas foto berwarna yang ukuran filenya maksimum 5 MB
  6. Siswa menerima kartu peserta jalur BUD 2025 dari mitra/penyandang dana

Berikut adalah tata cara pendaftaran calon mahasiswa baru IPB :

  1. Siswa membaca informasi dan persyaratan pendaftaran Jalur Masuk IPB pada strata/jenjang yang dituju
  2. Siswa membuat akun pendaftaran di laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id. Jika telah membuat akun pendaftaran pada tahun sebelumnya, silakan gunakan akun sebelumnya atau yang lama.
  3. Siswa mengisi riwayat pendidikan pada tab ‘Riwayat pendidikan’
  4. Siswa memilih jalur masuk yang sesuai dan diminati pada tab ‘Jalur masuk tersedia’ dan mengambil nomor pendaftaran
  5. Siswa membayar biaya pendaftaran. Tata cara pembayaran dapat dilihat pada https://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/
  6. Setelah melakukan pembayaran, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran. Login kembali pada akun pendaftaran pada laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id. Login form pendaftaran melalui tab ‘Jalur masuk diikuti’ klik detail
  7. Apabila seluruh isian form pendaftaran sudah dilengkapi, silakan unduh kartu peserta sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran.
  8. Pendaftaran selesai, seluruh data yang sudah dimasukkan tidak dapat diubah.
  9. Calon mahasiswa baru dianggap resmi sebagai mahasiswa baru jika sudah melakukan registrasi online dan melakukan pembayaran biaya pendidikan
  • Pendaftaran : 05 Maret – 05 Juni 2025
  • Pengumuman : 20 Juni 2025
  • Registrasi Online : 20 – 26 Juni 2025
  • Periode Pembayaran Biaya Pendidikan : 20 – 26 Juni 2025

*Jadwal selanjutnya akan di informasikan kemudian

Komponen Pembiayaan Beasiswa oleh Sponsor

  • Biaya pendaftaran akan diiformasikan kemudian.
  • Biaya Pendidikan – besaran terdapat pada menu Biaya Pendidikan
  • Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) : hanya dibayarkan sekali, besaran terdapat pada menu Biaya Pendidikan.
  • Biaya Asrama PPKU IPB Rp 1.750.000 – Rp 2.000.000 (hanya sekali dibayarkan pada tahun pertama).
  • Biaya Iuran BPJS (bagi yang belum memiliki asuransi kesehatan) Rp 1.320.000,-/tahun
  • Biaya penunjang pendidikan (biaya hidup, biaya asrama, biaya buku dan biaya riset) disesuaikan dengan kemampuan masing-masing mitra untuk diberikan kepada penerima beasiswa

Kontak Program BUD IPB

Sekretariat BUD Program Sarjana
Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru (Ribka dan Argo)
Gedung Andi Hakim Nasoetion lantai 1 Kampus IPB Darmaga Bogor, 16680
Telpon   : 0251-8624092, 8622642 ext. 111,
Email     : bud@apps.ipb.ac.id
Whatsapp : 0812-8226-6876

Website : http://bud.ipb.ac.id

Jalur Masuk Lainnya

Logo UNPATTI
Jalur Ujian

Seleksi Mandiri Jalur Tes UNPATTI

Logo unhas
Jalur Ujian

Jalur Mandiri Afirmasi Disabilitas UNHAS

Logo unhas
Jalur Nilai UTBK
29 May 2025
12 Jun 2025

JSM UTBK UNHAS

Logo unhas
Jalur Ujian
7 Apr 2025
5 Jun 2025

JSM Non-UTBK UNHAS